YAKOBUS

Yakobus, (Yunani, ιακωβος – iakôbos, Ibrani יַעֲקֹב - YA'AQOF, 'si pegang tumit', 'penipu').


1. Yakobus Anak Zebedeus

Ia seorang nelayan Galilea, bersama adiknya, Yohanes, dipanggil menjadi seorang dari ke-12 rasul (Matius 4:21). Ia disebut bersama Yohanes dan Petrus tanpa rasul-rasul lainnya, sewaktu putri Yairus dibangkitkan (Markus 5:37), sewaktu Yesus dipermuliakan di atas gunung (Markus 9:2) dan di Getsemani (Markus 14:33). Dia dan Yohanes, yang digelari Yesus 'Boanerges, yang berarti anak-anak guruh' (Markus 3:17), ditegur oleh Yesus karena kegalakan mereka dan karena mereka kurang mengerti maksud kedatangan-Nya, tatkala mereka mengusulkan supaya meminta kemusnahan suatu desa di Samaria, sebab menolak Yesus yang sedang dalam perjalanan menuju Yerusalem (Lukas 9:54).

Sesudah bersama adiknya memohon tempat mulia di Kerajaan Kristus (hal yang menyusahkan murid-murid lain) dia mendapat jawaban bahwa dia harus minum dari cawan yg akan diminum oleh Guru-nya (Markus 10:39), suatu nubuat yg digenapi waktu dia 'dibunuh dengan pedang' oleh raja Herodes Agripa I, ± 44 M (Kisah 12:2).


2. Yakobus Anak Alfeus

Ia juga seorang dari ke-12 rasul (Matius 10:3; Kisah 1:13). Biasanya ia disebut Yakobus 'Muda', anak Maria (Markus 15:40). Dengan keterangan 'Muda' (Yunani ho mikros, 'yg kecil') dia dibedakan dari anak Zebedeus, atau karena perawakannya lebih kecil dibandingkan temannya senama itu.


3. Yakobus Saudara Yesus

Ia disebut bersama adiknya yang lain Yusuf, Simon dan Yudas (Matius 13:55). Agaknya ia tidak mengakui otoritas Yesus selama Ia masih di bumi (lihat Markus 3:21; Yohanes 7:5). Sesudah Yesus bangkit dan menampakkan diriNya kepada Yakobus ini (I Korintus 15:7). Yakobus saudara Yesus kemudian menjadi pemimpin gereja Kristen Yahudi di Yerusalem (Galatia 1:19; 2:9, Kisah 12:17)

Tradisi berkata bahwa Tuhan Yesus sendiri yang menunjuk dia menjadi uskup pertama di Yerusalem (Eusebius, Ecclesiastical History 7. 19). Ia menjadi ketua Sidang Pertama di Yerusalem, yang dipanggil bersidang untuk mempertimbangkan syarat-syarat menerima orang-orang non-Yahudi masuk gereja Kristen, dan merumuskan ketetapan yg kemudian diumumkan di gereja-gereja Antiokhia, Siria dan Kilikia (Kis 15: 19-23). Ia tetap memimpin jemaat Yerusalem, dan berusaha menjaga kesatuan dengan Paulus dan misinya, waktu Paulus mengunjungi Yerusalem untuk kali terakhir (Kis 21: 18 dab).

Di kemudian hari, menurut Hegesipus, ia terkenal dengan nama' Si Jujur', karena kesalehannya menuruti hukum Taurat Yahudi (Eusebius, Ecclesiastical History 2. 23). Ia mati martir dilempari dengan batu waktu Ananias menjabat Imam Besar pada masa pemerintahan sementara sepeninggal Festus, penguasa wakil Roma, 61 M (Josephus, Antiquities 20. 9). Yerome (De viris illustribus 2) mencatat suatu serpihan dari Kitab Apokrifa yg hilang yaitu Gospel according to the Hebrew, yang memuat cerita pendek dan yang mungkin tidak benar terjadi mengenai penampakan Yesus sesudah bangkit kepada Yakobus. Menurut tradisi dialah penulis Surat Yakobus yang terdapat dalam kanon; di situ dia menerangkan dirinya sebagai 'hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus' (Yakobus 1:1).


4. Yakobus Ayah Rasul Yudas

Ayah dari rasul Yudas yang bukan Iskariot, Lukas 6:16; Kisah 1:13. Kitab Injil lainnya memuat nama Tadeus ganti Yudas. Tak ada yang diketahui tentang dia.

0 komentar:



Posting Komentar