Di Cina, Orang Tuli Menuntun Orang Tuli Kepada Kristus


Di Cina hampir 72 juta orang tidak mendapatkan akses untuk bekerja, pendidikan dan ditolak oleh masyarakat, bukan karena masalah gender atau ras namun karena cacat. Banyak orang Cina yang tuli akhirnya masuk di gank jalanan untuk mendapatkan penerimaan dan kasih sayang. Namun Hearts and Hands ministry yang bermarkas di Munming, Yunnan, di sebelah barat daya Cina membuat suatu perbedaan. Pelayanan ini mengajarkan bahasa isyarat Cina, mengajar mereka membaca, menulis dan belajar berdagang. Selain itu dan yang terpenting, mereka juga belajar tentang Kristus.

“Orang-orang Cina yang tuli adalah orang yang sangat terbuka terhadap Injil karena kecacatan apapun dianggap sebuah kutukan,” ungkap Jane Ramsey, seorang Amerika yang tuli yang mengajar bahasa Inggris di Cina selama 25 tahun dan bergabung dengan pelayanan ini di tahun 2004.

Mereka juga membuat workshop yang menghasilkan cover Alkitab, boneka koleksi, bantal, selimut dan juga kerajinan kayu. Hasil kerja para pekerja Cina yang tuli itu kemudian di jual di toko cinderamata.

Kelompok ini memberikan harapan kepada mereka yang mengalami cacat bahwa masih ada masa depan bagi mereka, dan bahwa hidup mereka, apapun keadaannya dapat memberi dampak bagi orang lain. Jane Ramsey menjadi teladan nyata bagi orang-orang Cina yang tuli itu. Ramsey mengalami tuli sebagian sewaktu melahirkan anaknya di tahun 1970an, dan tuli sepnuhnya pada tahun 1990an.

“Tuhan dapat memakai siapa saja yang bersedia untuk Ia pakai. Sewaktu saya menjadi tuli, saya mengalami masa-masa yang sulit,” ungkap Ramsey. “Sekarang Tuhan membuka pintu untuk bekerja bagi mereka yang tuli dimana saya di terima sebagai salah satu dari mereka karena saya juga cacat pendengaran.”

“Tidak pernah saya sangka bahwa ketulian saya akan membawa kemuliaan bagi Tuhan – dan karena hal ini – saya sangat mengagungkan Dia.”

Kadang apa yang kita lihat sebagai sebuah bencana, di tangan Tuhan dapat berubah menjadi sebuah berkat. Dan untuk bisa melihat hal itu terjadi, saratnya sangat mudah: miliki hati yang lembut dan ijinkan Tuhan bekerja melalui hidup Anda.

0 komentar:



Posting Komentar