ESAU


SILSILAH ESAU





* Kejadian 25:21-26
25:21 LAI TB, Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung.
25:22 Tetapi anak-anaknya bertolak-tolakan di dalam rahimnya dan ia berkata: "Jika demikian halnya, mengapa aku hidup?" Dan ia pergi meminta petunjuk kepada TUHAN.25:23 Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda."
25:24 Setelah genap harinya untuk bersalin, memang anak kembar yang di dalam kandungannya.25:25 Keluarlah yang pertama, warnanya merah, seluruh tubuhnya seperti jubah berbulu; sebab itu ia dinamai Esau.
KJV, And the first came out red, all over like an hairy garment; and they called his name Esau.
Hebrew,
וַיֵּצֵא הָרִאשֹׁון אַדְמֹונִי כֻּלֹּו כְּאַדֶּרֶת שֵׂעָר וַיִּקְרְאוּ שְׁמֹו עֵשָׂו׃
Translit interlinear, VAYETSE {dan dia keluar} HARISYON {yang pertama} 'ADMONI {merah} KULO {seluruhnya} KE'ADERET {seperti jubah berbulu} SE'AR {bulu/ rambut} VAYIQRE'U {maka ia dipanggil} SYEMO {dengan nama} 'ESAV {esau}
25:26 LAI TB, Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir.KJV, And after that came his brother out, and his hand took hold on Esau's heel; and his name was called Jacob: and Isaac was threescore years old when she bare them.
Hebrew,
וְאַחֲרֵי־כֵן יָצָא אָחִיו וְיָדֹו אֹחֶזֶת בַּעֲקֵב עֵשָׂו וַיִּקְרָא שְׁמֹו יַעֲקֹב וְיִצְחָק בֶּן־שִׁשִּׁים שָׁנָה בְּלֶדֶת אֹתָם׃
Translit interlinear, VE'AKHAREY {dah sesudah}-KHEN {maka} YATSA {dia keluar} 'AKHIV {saudaranya} VEYADO {dan tangannya kepadanya} OKHEZET {memegang} BA'AKEV {tumit dari} 'ESAV {esau} VAYIQRA {dan dia disebut} SYEMO {namanya} YA'AQOV {yakub} VEYITSKHAQ {dan ishak} BEN {berumur}-SYISYIM {enam puluh} SYANAH {tahun} BELEDET {dilahirkan} 'OTAM {mereka}

Esau (Ibrani, עשו - 'ESAV) adalah yang tertua/ yang sulung dan anak kembar Ishak (Kejadian 25:21-26). Hubungannya dengan adiknya, Yakub ialah pokok cerita dalam Kejadian 25:27-34; 27:1 dab: 32:3-12: 33:1-16.

Esau anak kesayangan ayahnya, Ishak, yang berniat menyampaikan kepadanya berkat yang merupakan hak anak sulung (Kejadian 27:1 dab). Tapi keunggulan Yakub atas kakaknya itu, yang sudah dikemukakan sebelum mereka lahir dan pada saat kelahiran mereka (Kejadian 25:21-26). dan secara tidak disadari di sahihkan oleh Ishak yang sudah tua itu (Kejadian 27:22-29. 33-37) akhirnya tegak kukuh.

Perilaku Yakub yang bermuka dua, tokoh leluhur Israel itu. menjadi akar dendam kesumat yang keji, yang mencolok mewarnai hubungan Israel dengan Edom, yang bapak leluhurnya ialah Esau. Contoh-contoh dari permusuhan orang Israel dan orang Edom terdapat dalam Bilangan 20: 18-21, 1 Raja 11:14 dab: Mazmur 137:7: dll.
Makna utama dari rujukan Alkitab akan Esau terletak dalam arti teologis yang diberikan kepada penolakannya, walaupun ia mempunyai hak anak sulung. Alkitab menerangkan bahwa Tuhan membenci Esau dan mengasihi Yakub (Maleakhi 1:2 dab; Roma 9: 13). Esau melambangkan orang yg tidak dipilih Allah. Yakub melambangkan orang yang dipilih Allah. Dasar pemilihan Allah ini bukanlah sesuatu perbedaan dalam hidup dan sifat Yakub dan Esau, karena Yakub dipilih sebelum dia dan kakaknya lahir. Dan rasa benci dan kasih Allah pun tidak mungkin menjadi dasar pemilihan Allah, sebab jika demikian halnya maka pemilihan Allah akan bergantung pada bualan hati-Nya yang semena-mena. Kita hanya dapat berkata bahwa Allah dalam kedaulatan-Nya memilih seseorang menjadi sarana kasih karunia-Nya: mengapa Ia memilih yang satu dan bukan yang lain, tidak diketahui manusia.

Dalam Ibrani 12: 16 dab Esau melambangkan orang-orang yang melepaskan harapan mereka akan kemuliaan demi hal-hal yang dapat dilihat tapi fana.

0 komentar:



Posting Komentar