AZARYA dan UZIA

AZARYA


AZARYA, Ibrani עֲזַרְיָה - AZARYAH, atau עֲזַרְיָהוּ - AZARYAHU,
Indonesia: Azarya, Inggris: Azariah
Berasal dari kata עָזַר - 'AZAR (membantu, menolong) dan יָהּ - YAH, bentuk singkat dari YHVH. Artinya adalah : "TUHAN sudah menolong"


Tokoh Alkitab yang bernama AZARYA:


1. Seorang pembesar Salomo, putra Zadok


* 1 Raja-raja 4:2
LAI TB, Inilah para pembesarnya: Azarya bin Zadok menjadi imam;
KJV, And these were the princes which he had; Azariah the son of Zadok the priest,
Hebrew,
וְאֵלֶּה הַשָּׂרִים אֲשֶׁר־לֹו עֲזַרְיָהוּ בֶן־צָדֹוק הַכֹּהֵן׃ ס
Translit, VE'ELEH HASARIM 'ASYER-LO 'AZARYAHU VEN-TSADOK HAKOHEN


2. Seorang pembesar Salomo yang lain, putra Natan, yang mengawasi para kepala daerah


* 1 Raja 4:5
LAI TB, Azarya bin Natan mengawasi para kepala daerah; Zabut bin Natan, seorang imam, menjadi sahabat raja;
KJV, And Azariah the son of Nathan was over the officers: and Zabud the son of Nathan was principal officer, and the king's friend:
Hebrew,
וַעֲזַרְיָהוּ בֶן־נָתָן עַל־הַנִּצָּבִים וְזָבוּד בֶּן־נָתָן כֹּהֵן רֵעֶה הַמֶּלֶךְ׃
Translit, VA'AZARYAHU VEN-NATAN 'AL-HANITSAVIM VEZAVUD BEN-NATAN KOHEN RE'Eh HAMELEKH


----

AZARYA atau UZIA

3. Nama lain untuk Raja Uzia, putra raja Amasia dari Yehuda yang menjadi raja Yehuda menggantikan ayahnya, dikenal juga dengan nama Uzia


* 2 Raja 14:21 dab
LAI TB, Segenap bangsa Yehuda mengambil Azarya, yang masih berumur enam belas tahun dan mengangkat dia menjadi raja menggantikan ayahnya, Amazia.
KJV, And all the people of Judah took Azariah, which was sixteen years old, and made him king instead of his father Amaziah.
Hebrew,
וַיִּקְחוּ כָּל־עַם יְהוּדָה אֶת־עֲזַרְיָה וְהוּא בֶּן־שֵׁשׁ עֶשְׂרֵה שָׁנָה וַיַּמְלִכוּ אֹתֹו תַּחַת אָבִיו אֲמַצְיָהוּ׃
Translit, VAYIQKHU KOL-'AM YEHUDAH 'ET-AZARYAH VEHU BEN-SYESY 'ESREH SYANAH VAYAMLIKHU 'OTO' TAKHAT 'AVIV 'AMATSYAHU


PERIODE : zaman Raja Uzia (Azarya) di Yehuda (791-739 SM)
Azarya, Anak Amazia; raja Yehuda; juga dipanggil dengan nama Uzia
(2 Raja 15:1-7; 1Tawarikh 6:24; 2Taw 26:1-23). Kena penyakit kusta karena tinggi hati(2Tawarikh 26:16-23).


* 2 Raja-raja 15:1,2,5
15:1 Dalam tahun kedua puluh tujuh zaman Yerobeam, raja Israel, Azarya, anak Amazia raja Yehuda menjadi raja.
15:2 Ia berumur enam belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan lima puluh dua tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yekholya, dari Yerusalem.
15:5 Maka TUHAN menimpakan tulah kepada raja, sehingga ia sakit kusta sampai hari kematiannya, dan tinggal dalam sebuah rumah pengasingan. Dan Yotam, anak raja, mengepalai istana dan menjalankan pemerintahan atas rakyat negeri itu.



* 2 Tawarikh 26:1,2,21
26:1 Segenap bangsa Yehuda mengambil Uzia, yang masih berumur enam belas tahun dan menobatkan dia menjadi raja menggantikan ayahnya, Amazia.
26:2 Ia memperkuat Elot dan mengembalikannya kepada Yehuda, sesudah raja mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya.
26:3 Uzia berumur enam belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan lima puluh dua tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Yekholya, dari Yerusalem.
26:21 Raja Uzia sakit kusta sampai kepada hari matinya, dan sebagai orang yang sakit kusta ia tinggal dalam sebuah rumah pengasingan, karena ia dikucilkan dari rumah TUHAN. Dan Yotam, anaknya, mengepalai istana raja dan menjalankan pemerintahan atas rakyat negeri itu.



Bukti bahwa Azarya adalah nama lain Raja Uzia:
Azarya (Uzia) mempunyai ayah bernama Amazia, Raja Yehuda
Azarya (Uzia) mempunyai ibu bernama Yekholya, dari Yerusalem.
Azarya (Uzia) mempunyai anak yang bernama Yotam, kemudian menggantikannya jadi raja Yehuda
Azarya (Uzia) mati karena penyakit kusta


-----


4. Azarya yang lain


Ada dua puluh lima tokoh Perjanjian Lama yang menggunakan nama Azarya ini, di antaranya juga adalah; teman karib Daniel yang namanya diganti menjadi Abednego, dan lain-lain.


UZIA




UZIA ( עֻזִּיָה - UZIAH, atau עֻזִּיָּהוּ - UZIYAHU, 'YHVH kekuatanku'). Bentuk lain ialah AZARYAH (lihat artikel di atas)


* 2 Raja-raja 15:1
LAI TB, Dalam tahun kedua puluh tujuh zaman Yerobeam, raja Israel, Azarya, anak Amazia raja Yehuda menjadi raja.
KJV, In the twenty and seventh year of Jeroboam king of Israel began Azariah son of Amaziah king of Judah to reign.
Hebrew,
בִּשְׁנַת עֶשְׂרִים וָשֶׁבַע שָׁנָה לְיָרָבְעָם מֶלֶךְ יִשְׂרָאֵל מָלַךְ עֲזַרְיָה בֶן־אֲמַצְיָה מֶלֶךְ יְהוּדָה׃
Translit, BISYNAT 'ESRIM VASYEVA SYANAH LEYARAV'AM MELEKH YISRA'EL MALAKH 'AZARYAH VEN-'AMATSYAH MELEKH YEHUDAH


* 2 Tawarikh 26:1
LAI TB, Segenap bangsa Yehuda mengambil Uzia, yang masih berumur enam belas tahun dan menobatkan dia menjadi raja menggantikan ayahnya, Amazia.
KJV, Then all the people of Judah took Uzziah, who was sixteen years old, and made him king in the room of his father Amaziah.
Hebrew,
וַיִּקְחוּ כָּל־עַם יְהוּדָה אֶת־עֻזִּיָּהוּ וְהוּא בֶּן־שֵׁשׁ עֶשְׂרֵה שָׁנָה וַיַּמְלִיכוּ אֹתֹו תַּחַת אָבִיו אֲמַצְיָהוּ׃
Translit, VAYIQKHU KOL-'AM YEHUDAH ;ET-'UZIYAHU VEHU BEN-SYESY 'ESREH SYANAH VAYAMLIKHU 'OTO' TAKHAT 'AVIV 'AMATSYAHU


1. Raja Yehuda tahun 791-739 sM Pemerintahannya yang 52 tahun lamanva mulai tatkala ia berumur 16 tahum secara bebas dipilih oleh umat Israel (2 Raja 14:21, 2 Tawarikh 26:1) untuk mengganti bapaknya, Amaziah, yang mati terbunuh. Kemungkian bahwn Uzia menduduki takhta bersama bapaknya beberapa tahun sebelum bapaknya terbunuh, tak dapat diabaikan kan begitu saja. walaupun Alkitab membungkam mengenai hal itu. Bahkan suatu masa perwalian hampir dituntut oleh penanggalan Perjanjian Lama (PL)

Penulis Kitab Raja-raja sangat hati-hati membicarakan pemerintahannya (2 Raja 14:21-22; 15.1-7). dan tidak memberikan keterangan apa-apa tentang petaka penyakit kusta dan pengunduran dirinya dari kehidupan masyarakat menJelang akhir pemerintahannya. Berita Tawarikh jauh lebih lengkap (2 Tawarikh 26) dan mengungkapkan betapa cakap dan giat Uzia sehagai raja. Malahan di sini pun tidak kita jumpai singgungan akan gempa dahsyat yang terjadi waktu pemerintahannya (Amos 1:1) dan ingatan akan gempa ini tetap hidup sampai zaman sesudah pembuangan (Zakharia 14:5). Yosefus mencatat tradisi yang mengatakan bahwa gempa itu bersamaan denuan tindakan Uzia yang, melanggar kekudusan Bait Suci (2 Tawarikh 26:16-21) (Josephus. Antiquities 9. 225)

Kerajaan Yehuda menikmati kemakmuran yg besar pada pemerintahan Uzia, Sebagian dikaitkan pada merosotnya kekuasaan Asyur pada waktu itu. Ia menguasai pelabuhan Elat di Teluk Akaba dan membangunnya kembali (2 Raja 14:22), ia menang dalam pertempuran melawan orang Filistin dan orang Arab, dan orang Amon membayar upeti kepadanya, Kebebalan bapaknya menjerumuskan kerajaannya ke dalam keadaan tak berdaya, Karena itu ia memperkuat kubu-kubu pertahanan Yerusalem (2 Tawarikh 26:9; bnd 2 Raja 14.13), menyediakan persenjataann khusus untuk pertahanan, menyiagakan tentara yang hesar lengkap dengan senjata paling jitu, dan membangun kota-kota benteng di tempat-tempat strategis, Walaupun kekuasaan dan pengaruhnya luas, namun masih ndak pasti apakah dia harus disamakan dengan Azarya yang disebut dalam catatan tahunan Tiglat-Pileser III itu. Disamping memperhatikan soal-soal militer, Uzia sangat memperhatikan pertanian dan peternakan.

2. Seorang Lewi, keturunan Kehar (1 Tawarikh 6:24),

3. Seorang imam di antara orang-orang yg disebut memperistri perempuan asing (Ezra 10:21),

0 komentar:



Posting Komentar