GOLIAT


* I Samuel 17:4
LAI TB, Lalu tampillah keluar seorang pendekar dari tentara orang Filistin. Namanya Goliat, dari Gat. Tingginya enam hasta sejengkal.
KJV, And there went out a champion out of the camp of the Philistines, named Goliath, of Gath, whose height was six cubits and a span.
Hebrew,
וַיֵּצֵא אִישׁ־הַבֵּנַיִם מִמַּחֲנֹות פְּלִשְׁתִּים גָּלְיָת שְׁמֹו מִגַּת גָּבְהֹו שֵׁשׁ אַמֹּות וָזָרֶת׃
Translit, VAYETSE 'ISY-HABENAYIM MIMAKHANOT PELISYTIM GAL'YAT SYEMO MIGAT GAVHO SYESY 'AMOT VAZARET


Goliat, (Ibrani, גלית - GOLYAT, kemuliaan ).

Goliat adalah pendekar tentara Filistin dari Gat (I Samuel 17:4). Goliat mungkin adalah keturunan dari sisa orang Refaim, yang sesudah dibasmi oleh bani Amon (Ulangan 2:20,21; 2 Samuel 21 :22), mencari perlindungan pada Filistin. Mengenai asalnya, lihat G.A Wainwright, 'Early Philistine History", VT 9, 1959, hlm 79 dst.

Goliat, tinggi badannya dirinci sebagai 'enam siku dan satu jengkal', yaitu 3,2 m jika satu siku sama dengan 52,5 cm. Bahwa hal ini, walaupun termasuk luar biasa bukanlah mustahil, diperkuat oleh penemuan kerangka manusia di Palestina yang mempunyai ukuran tinggi yang sama dan kira-kira berasal dari periode yg sama.

Goliat dibunuh oleh Daud di Pas-Damim dalam pertarungan satu lawan satu, yang sifat keagamaannya dicatat oleh I Samuel 17:43,45; dan mungkin juga oleh orang Filistin yang melarikan diri, jika hal ini langsung dihubungkan dengan keyakinan mereka, bahwa Allah Israel telah mengalahkan dewa mereka (bnd 2 Samuel 23:9-12; 1 Taw 11:12 dst). Pedang Goliat, yang disimpan di tempat kudus di dalam rumah sembahyang di Nob, diberikan oleh imam Ahimelekh kepada Daud, ketika Daud lari dari Saul kepada raja Gat. Pedang itu mungkin diberikan oleh Daud kepada raja Gat sebagai pemberian yang disambut gembira oleh raja itu.

Dua kali pemunculan nama ini kemudian menjadi teka-teki bagi para ahli. Dikemukakan bahwa Elhanan telah membunuh (saudara dari) Goliat orang Giti ' - demikian 2 Samuel 21:19, dan sekali lagi (tanpa tanda kurung) dalam I Tawarikh 20:5, di mana disebutkan bahwa nama yang dibunuh itu adalah Lahmi. Penjelasan tentang masalah ini bisa dibaca di kontradiksi-perjanjian-lama-vt549-40.html#p2002 .


Data-data mengenai Goliat :

- Saudara laki-laki : Lahmi - 1 Tawarikh 20:5.
- Disebut pertama : 1 Samuel 17:4.
- Namanya disebut : 6 kali.
- Kitab yang menyebut : 3 buku : 1 Samuel, 2 Samuel, 1 Tawarikh.
- Pekerjaan : Tentara - 1 Samuel 17: 4-10.
- Tempat kematian : Di medan pertempuran - 1 Samuel 17:1-2
- Keadaan kematian : Ia terbunuh oleh batu dari ketapel Daud - 1 Samuel 17:49-51.
- Terakhir disebut : 1 Tawarikh 20:5.
- Fakta penting : Ia adalah orang yang paling tinggi dalam catatan Alkitab (1 Samuel 17:4).

0 komentar:



Posting Komentar