NEBUKADNEZAR


Binatang campuran (Musrussu) yg menghiasi gerbang lsytar Babilonia pada masa Nebukadnezar 11, 605-562 s M. Kepala musrussu berbentuk ular, tubuh singa, dan kaki helakang burung elang. Relief warna berkilat pada batu bata bakar kiln.






Arti nama : NEBU - MELINDUNGI
Ayah : Nebopolosar
Disebut pertama : 2 Raja-raja 24:1
Namanya disebut : 91 kali
Kitab yang menyebut : 9 buku : 2 Raja-raja, 1 Tawarikh, 2 Tawarikh, Ezra, Nehemia, Ester, Yeremia, Yehezkiel, Daniel
Pekerjaan : Raja Babel - 2 Raja-raja 24:1
Terakhir disebut : Daniel 5:18
Fakta penting : Ia pendiri Kerajaan Neobabilon dan dia pernah memerintahkan melempar 3 pemuda Ibrani ke dalam dapur api (Daniel 3:15b-23).

Ada empat orang raja di Mesopotania kuno yang bernama Nebukadnezar. Raja kedua yang memerintah di Babel, dari 605 sampai 562 sM (ejaan lain Nebukadnezar lebih dekat pada bentuk kota asli Babel, ada dalam terjemahan Inggris NRSV, REB pada Yeremia 39:5). Ia adalah raja perkasa dan kejam. Ia juga merebut Yerusalem dan membuang Raja Yoyakim ke Babel dan menggantikannya dengan Zedekia. Tetapi, waktu Zedekia memberontak, Nebukadnezar kembali menyerang Yerusalem, menghancurkan Bait Allah dan membawa banyak orang ke Babel (586 sM), walaupun Yeremia telah menganjurkan supaya takluk kepada Babel (Yeremia 27:11).

-----

* Daniel 3:14
LAI TB, berkatalah Nebukadnezar kepada mereka: "Apakah benar, hai Sadrakh, Mesakh dan Abednego, bahwa kamu tidak memuja dewaku dan tidak menyembah patung emas yang kudirikan itu?
KJV, Nebuchadnezzar spake and said unto them, Is it true, O Shadrach, Meshach, and Abednego, do not ye serve my gods, nor worship the golden image which I have set up?
Aramaic (dlm aksara Ibrani),
עָנֵה נְבֻכַדְנֶצַּר וְאָמַר לְהֹון הַצְדָּא שַׁדְרַךְ מֵישַׁךְ וַעֲבֵד נְגֹו לֵאלָהַי לָא אִיתֵיכֹון פָּלְחִין וּלְצֶלֶם דַּהֲבָא דִּי הֲקֵימֶת לָא סָגְדִין׃
Translit, 'ANEH NEVUKHADNETSAR VE'AMAR LEHON HATSEDA SHADRAKH MEISHAKH VA'AVED NEGO LELAHAY LA 'ITEIKHON PALKHIN ULETSELEM DAHAVA DI HAKEIMET LA SAGDIN


Nebukadnezar (Aramaic dalam aksara Ibrani, נְבוּכַדְנֶצַּר - NEBUKHADNETSAR, raja Babel (605-562 sM), namanya sering disebut oleh nabi Yeremia, Yehezkiel. Daniel, dan dalam sejarah bagian akhir Yehuda. Namanya dalam bahasa Ibrani ("NEBUKHADNETSAR" adalah transliterasi bahasa Babel Nabu-kudurri-usur, yg artinya mungkin adalah 'Nabu telah melindungi hak-hak suksesi raja'. Kemungkinan bentuk lain (Ibrani "NEBUKADNETSAR": bandingkan Yunani Nabokhodonosori ialah yg berasal dari bahasa Aram (ZA 65, 1975, hlm 227-230) boleh juga diterima.

Menurut Tawarikh Babel, Nebukadnezar, anak dr. pendiri wangsa Kasdim, Nabopolassar, mula-mula memimpin pasukan Babel sebagai 'putra mahkota' dalan pertempuran di Asyur-Utara thn 606 sM. Tahun berikutnya dia menaklukkan Nekho II dari Mesir di Karkemis dar Hamat (2 Raja 23:29 dab; 2 Tawarikh 35:20 dab; Yeremia 46:2) 'Pada waktu ini dia menaklukkan seluruh Hatti' (Aram dan Palestina, demikian Tawarikh Babel; 2 Raja 24:7; Josephus, Antiquities 10.86). Daniel termasuk dalam tawanan yg diambil dari Yehuda (Daniel 1: 1) pada tahun ke-4 pemerintahan Yoyakim (Yeremia 36:1 dab). Sewaktu di medan perang, Nebukadnezar mendengar ayahnya meninggal. Ia naik kereta menembus gurun pasir dan menuntut takhta Babel, yg ditakhtainya 6 September 605 sM.

Tahun berikutnya, tahun pertama pemerintahannya, Nebukadnezar menerima upeti di Siria dari raja-raja Damsyik, Tirus, Sidon dan lain-lain, termasuk Yoyakim, yang tetap setia selama hanya 3 tahun (2 Raja 24:1; Yeremia 25:1). Askelon menentang dan runtuh. Dalam kampanye tahun 601 sM orang Babel telah ditaklukkan oleh Mesir, dan setelah peristiwa itu Yoyakim mengalihkan kesetiaannya kepada para pemenang, meskipun Yeremia (27:9-11) telah memperingatkan dia.

Setelah Nebukadnezar mempersenjatai tentaranya kembali, ia menyerang suku-suku Arab di Kedar dan Yordan Timur thn 599/8 sM, seperti yang juga dinubuatkan oleh Yeremia (Yeremia 49:28-33), dalam rangka tindakan balasan berikutnya terhadap Yoyakim dan Yehuda (2 Tawarikh 36:6). Jadi pada tahun ke-7 pemerintahannya, Nebukadnezar 'bergerak menuju Palestina dan menaklukkan kota Yehuda yang direbutnya pada hari kedua bulan Adar' (= 16 Maret 597 sM). Lalu dia 'menangkap raja Yehuda dan mengangkat seorang raja pilihannya sendiri, setelah menerima sejumlah besar upeti yg dia kirim ke Babel' (Bab Chronicle B.M 21946). Penaklukan Yerusalem dan rajanya, Yoyakhin (anak Yoyakim dan penggantinya), pemilihan Matanya-Zedekia sebagai raja pengganti, pengangkutan barang rampasan dan orang-orang buangan, semuanya dikisahkan dalam 2 Raja 24: 10-17. Nebukadnezar memindahkan inventaris Bait suci ke kuil Bel-Marduk di Babel (2 Tawarikh 36:7: 2 Raja 24: 13; Ezra 6:5).

Orang-orang Yehuda buangan disuruh pergi kira-kira April 597, 'pada musim semi tahun itu' (2 Tawarikh 36:10), menandakan awal tahun ke-8 pemerintahannya (2 Raja 24:12). Nama Yoyakhin dan orang-orang buangan Yahudi lainnya disebut dalam prasasti-prasasti asal Babel bertarikh tahun-tahun Raja Babel ini (JB Pritchard, The Ancient Near East Texts (ANET), hlm 308; DW Thomas (ed), Documents of Old Testament Times (DOTT), hlm 83-86).

Tahun 596 sM Nebukadnezar berperang melawan Elam (lihat juga Yeremia 49:34), dan thn berikutnya membasmi pemberontakan di negerinya sendiri. Sesudah itu naskah-naskah sejarah Babel bungkam, tapi pada tahun ke-17 sampai ke-19 pemerintahannya dia menggerakkan tentaranya lagi di barat. Dari markas besarnya di Ribla dia memimpin gerakan-gerakan yg mengakibatkan Yerusalem jatuh thn 587 sM dan pemberontak Zedekia ditangkap (Yeremia 39:5, 6: 52). Pengepungan itu pernah dipatahkan pada waktu Apries, pengganti Nekho II di Mesir, menyerang Fenisia dan Gaza (Yeremia 47:1). Pada tahun ke-23 (582) pemerintahan Nebukadnezar, diperintahkan lagi mengangkut orang-orang Yehuda ke Babel (Yeremia 52:30). Kira-kira pada waktu ini juga, pengepungan Tirus selama 13 tahun dimulai (Yehezkiel 26:7)


* Yeremia 25:9
LAI TB, sesungguhnya, Aku akan mengerahkan semua kaum dari utara -- demikianlah firman TUHAN -- menyuruh memanggil Nebukadnezar, raja Babel, hamba-Ku itu; Aku akan mendatangkan mereka melawan negeri ini, melawan penduduknya dan melawan bangsa-bangsa sekeliling ini, yang akan Kutumpas dan Kubuat menjadi kengerian, menjadi sasaran suitan dan menjadi ketandusan untuk selama-lamanya.
KJV, Behold, I will send and take all the families of the north, saith the LORD, and Nebuchadrezzar the king of Babylon, my servant, and will bring them against this land, and against the inhabitants thereof, and against all these nations round about, and will utterly destroy them, and make them an astonishment, and an hissing, and perpetual desolations.
Hebrew,
הִנְנִי שֹׁלֵחַ וְלָקַחְתִּי אֶת־כָּל־מִשְׁפְּחֹות צָפֹון נְאֻם־יְהוָה וְאֶל־נְבוּכַדְרֶאצַּר מֶלֶךְ־בָּבֶל עַבְדִּי וַהֲבִאֹתִים עַל־הָאָרֶץ הַזֹּאת וְעַל־יֹשְׁבֶיהָ וְעַל כָּל־הַגֹּויִם הָאֵלֶּה סָבִיב וְהַחֲרַמְתִּים וְשַׂמְתִּים לְשַׁמָּה וְלִשְׁרֵקָה וּלְחָרְבֹות עֹולָם׃
Translit, HINNI SYOLE'AKH VELAKAKHTI 'ET-KOL-MISYPEKHOT TSAFON NE'UM-YEHOVAH (baca: 'Adonay) VE'EL-NEVUKHADRETSAR MELEKH-BAVEL 'AVDI VAHAVI'OTIM 'AL-HA'ARETS HAZOT VE'AL-YOSYVEIHA VE'AL KOL-HAGOYIM HA'ELEH SAVIV VEHAKHARAMTIM VESAMTIM LESYAMAH VELISYREQAH ULEKHARVOT 'OLAM

Dalam Yeremia 25:9, Nebukadnezar disebut YHVH sebagai "hamba-Ku," hal ini dikarenakan raja Babel itu dipakai Allah untuk menghukum Kerajaan Yehuda. Yehuda dihukum Allah kerena dosa-dosa mereka sendiri (bandingkan Yesaya 10:5-34). Nebukadnezar adalah raja bangsa kafir yang tanpa disadarinya melakukan kehendak Allah (bandingkan Yeremia 27:6; 43:10). Demikian juga dengan raja Koresy, raja bangsa kafir namun pernah disebut Allah sebagai "orang yang Kuurapi" (Yesaya 45:1). Gelar bagi Koresy ini ditekankan bahwa Koresy diangkat oleh Allah untuk melakukan kehendakNya. Gelar-gelar bagi orang kafir ini diberikan karena bangsa pilihan Allah sendiri menolak kesabaran Allah dalam ketegaran hati mereka.

Suatu fragmentaris naskah Babel mengisahkan penyerbuan Nebukadnezar ke Mesir thn 568/567 sM (bandingkan Yeremia 43:8-13). Karena minimnya yang diketahui mengenai masa 30 thn akhir pemerintahannya. maka tidak ada bukti dari sumber-sumber luar tentang penyakit gila yang dideritanya selama 7 bulan (atau 7 'kali') seperti diberitakan dalam Daniel 4:23-33. Denzan bantuan istrinya Amytis, dia kembali membangun dan menghiasi ibukotanya Babel.

Sebagai insan religius dia bangun ulang kuil-kuil Marduk dan Nabu dengan banyak tempat suci di Babel dan menyediakan secara teratur korban-korban persembahan dan pakaian-pakaian untuk patung-patung ilah (bandingkan patung emas dalam Daniel 3: 1). Dia perbaiki juga kuil-kuil di Sippar, Marad dan Borsippa dan membanggakan prestasi-prestasinya, teristimewa kedua tembok pertahanan, pintu gerbang Isytar, zigurat, dan jalan untuk arak-arakan suei melalui kotanya sendiri, yg diperlengkapinya dengan saluran-saluran air yang baru (Daniel 4:30). Beberapa dari karyanya yang bertalian dengan arsitektur digolongkan dalam ketujuh keajaiban dunia. Herodotus menyebut Nebukadnezar dan Nabonidus (556-539) dengan nama Labynetus, Nebukadnczar meninggal pada Agustus-September 562 sM dan diganti oleh anaknya Arnel-Marduk.

0 komentar:



Posting Komentar