Kenapa Banyak yang Meninggalkan Imannya?


Penelitian dan survey menunjukkan bahwa ada banyak atheis, orang yang tidak mengakui adanya Tuhan, dan pencari rohani yang dulunya adalah seorang kristiani. Tapi tidak ada penelitian yang menjelaskan mengapa orang-orang meninggalkan Kekristenan, sebelum hadirnya Generation Ex-Christian.

Buku yang baru diterbitkan oleh Drew Dyck, seorang manager editorial di tim pelayanan Christianity Today International, mengelompokkan ‘para orang yang meninggalkan Kristen’ dalam enam kategori yaitu mantan Kristen postmodern, mantan Kristen modern, pemuja berhala, pendurhaka, orang gembel, dan orang yang mempunyai akar kepahitan.

“Saya bukan seorang sosiologis ataupun orang statistic, tapi saya tahu sebagai seorang jurnalis bahwa saya bisa memberikan sesuatu dengan menghadirkan orang-orang dan kisah di balik statistic yang ada,” kata Dyck kepada Christian Post. “Dan dengan menyediakan keterangan seperti ini, yang saya sebut sebagai ‘leavers’ (mantan Kristen, red), ada 20 – 30 an hal yang menyebabkan mereka meninggalkan iman mereka. Dan dengan menyediakan tips dapat membuat mereka melekat kembali kepada Tuhan.”

Seperti orang yang mempunyai akar kepahitan pada masa kecilnya. Mereka biasanya tidak mau membicarakan masa lalu mereka kepada gereja sehingga mereka menyimpan itu terus di dalam hati mereka, sehingga emosi mereka pun akan tersinggung jika disentuh hal-hal tersebut. Bahkan ada yang mengalami pelecehan seksual oleh rohaniwan. Mereka menjadi kehilangan kepercayaan bahkan menyalahkan Tuhan karena kejadian yang mereka alami.

Menurut Dyck, cara terbaik menemukan apakah orang itu mempunyai akar pahit di masa lalunya adalah dengan menanyakannya dalam komunitas yang solid. Berikan perhatian dan empati kepada mereka. Sangat penting membangun hubungan dan meningkatkan kepercayaan dalam diri mereka sehingga mereka merasa aman dan agar kita bisa menolong mereka.

Banyak orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan uluran tangan Anda. Mungkin Anda melihat dia kaya atau sepertinya dia bahagia, tapi tidak semua yang nampak itu seperti adanya. Berikan perhatian kepada teman-teman, tetangga, khususnya keluarga terdekat Anda. Tunjukkan perhatian dan keinginan Anda untuk dekat dengannya dan mengungkapkan kasih Yesus kepada mereka.
Source : christianpost/lh3

1 komentar:



gallantobenshain mengatakan...

Titanium Fits (Tetris) - T-Titsanium Bars and Blades
These are the only titanium rods infiniti pro rainbow titanium flat iron you will ever find. These are premium titanium engine block stainless steel safety bar and blade. With a little bit of snow peak titanium gold $4.99 · harbor freight titanium welder ‎In titanium bong stock

Posting Komentar